MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT

(Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Jannah Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu)

Oleh : Rofiqoh

Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana

Universitas Bina Darma

Email : Rofiqohchichik@yahoo.Com

ABSTRAK

Rofiqoh, Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament: (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu).

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan ini menggunakan prosedur kerja Kemmis dan Taggart. Setiap siklus mempunyai langkah-langkah sebagai spiral yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi serta revisi. Siswa dikatakan tuntas belajar secara individu apabila telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75, dan tuntas secara klasikal apabila siswa memperoleh nilai ≥75 telah 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Peninjauan Ogan Komering Ulu. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata skor sebesar 68 pada prasiklus, menjadi 71,69 pada siklus I dan 77,85 pada siklus II dan rata-rata 79,4 pada siklus III.

Kata Kunci: hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, Team Game Tournament